Kamis, 22 Mei 2008

2005'08

KEBANGKITAN NASIONAL

20 Mei 1908....Awal dari sebuah pergerakan. Sebuah keinginan. Sebuah usaha. Sebuah hasrat.
Sebuah asa. Sebuah pengorbanan. Hanya demi satu kalimat ''KEBEBASAN''. Selama di bawah pendudukan Bangsa Kolonial tak pernah sekalipun Bangsa kita menemukan tujuan. Bangsa Kolonial dengan seenaknya menginjak-injak harkat dan martabat. Harga diri. Perasaan. Kekayaan. Dan hampir saja membinasakan junjungan.
20 Mei 1908....Dimulai dari organisasi Budie Utomo. Organisasi pendidikan berbasis politik yang ingin mengangkat martabat Bangsa. Dr. Soetomo di usianya yang relatif masih muda yaitu 20 tahun merupakan pelopor pendiri Budie Utomo. Beliau dengan sungguh-sungguh memikirkan nasib Bangsa, mencoba mencapai tujuan, merdeka!
Bertapa besar pengorbanan para pejuang kita. Kemudian apa arti kebangkitan nasional? Kitnas (kebangkitan nasional) merupakan hal yang perlu dilaksanakan oleh segenap Bangsa dan dilakukan dengan sepenuh jiwa. Kitnas tak hanya diperingati saja, tetapi juga perlu ditumbuhkan. Generasi penerus perlu memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. Tanpa adanya hal itu, tak mungkin ada rasa persatuan, kesatuan dan rasa persaudaraan dari Sabang sampai Merauke.
Telah genap 100 tahun hari Kebangkitan Nasional. Dapatkah kita sebagai pemuda Indonesia mampu melaksanakannya? Hanya dengan keteguhan, ketulusan dan pengorbanan kita akan mampu melakukannya. Semoga Bangsa kita dapat menjadi Bangsa yang makmur. Makmur dalam arti sebenarnya....
Derizna_C
10.5/03

Tidak ada komentar: